RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas /
Semeseter : VII / Ganjil
Materi
Pokok : Bilangan
Bulat
Alokasi
Waktu :
…. Jam Pelajaran (40 menit)
1.
Tujuan Pembelajaran
·
Setelah pembelajaran, peserta didik dapat
·
Mengetahui berbagai macam jenis bilangan
·
Mengetahui sifat-sifat operasi pada bilangan bulat dan pecahan
·
Dapat menggunakan pola dan generalisasi dalam menyelesaikan
masalah
·
Menentukan factor prima dari bilangan bulat
·
Menentukan KPK dan FBB dengan menggunakan persekutuan factor prima
2.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai
pembelajaran
·
Memeriksa Kehadiran Peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Mengaitkan Materi Pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya serta mengajukan pertanyaan
untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya/materi yang akan
dibahas
·
Menyampaikan Tujuan dan Manfaat dalam Mempelajari Materi Bilangan
Bulat
B.
Kegiatan Inti
·
Peserta didik diminta untuk membaca dan mengamati bahan ajar,
berupa materi pdf/gambar untuk dapat dikembangkan peserta didik yang
berhubungan dengan materi Bilangan Bulat
·
Guru Memberikan Kesempatan Kepada Peserta didik untuk
Mengidentifikasi materi yang belum dipahami, di mulai dari pertanyaan factual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Bilangan Bulat
·
Peserta didik dibentuk dalam Beberapa Kelompok untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Bilangan Bulat
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu
secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian
ditanggapi Kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
C.
Kegiatan Penutup
·
Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan mengenai point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru membuat kesimpulan pelajaran tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran
3.
Penilaian
·
Penilaian kompetensi sikap
·
Penilaian kompetensi pengetahuan
·
Penilaian kompetensi keterampilan
Mengetahui Kepala
Sekolah
|
….,
…… April 20… Guru
Mata Pelajaran ……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar