UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

Hallo Guys, Welcome To My Blog And Enjoy

Senin, 19 Desember 2022

Silabus SMP

 SILABUS

 
Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 13 Maluku Tengah
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VIII/1-2 (Ganjil & Genap)
Jumlah Pertemuan       : ……………
Standar Kompetensi    :
KI-1    : Menghrgai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2    : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
              (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
              efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkakuan pergaulan dan
             keberadaanya.
KI-3    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
              rasa ingin tahunya tentangg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
              terkait fenomena, dan kejadian tampak mata.
KI-4    : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
              mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranag abstrak (menulis,
               membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
               dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal

 

 

2.1

Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

 

 

 

 

 

2.2

Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

2.3

Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.

3.1

Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional

Operasi Aljabar

Mengamati

ü  Mencermati bentuk aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep

ü  Mencermati penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan

ü  Mencermati cara pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun

ü  Mencermati masalah mengenai pembagian bentuk aljabar

ü  Mencermati cara menyederhanakan bentuk aljabar

Menanya

ü  Menanya tentang  berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x dan y?

ü  Menanya tentang proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan

ü  Menanya tentang pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan

ü  Menanya tentang pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang lain

ü  Menanya tentang cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar

Mengumpulkan informasi

ü  Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar

ü  Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu

ü  Menggali informasi tentang klasifikasi bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata

ü  Menggali informasi tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar

ü  Menggali informasi tentang perkalian dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar

ü  Menggali informasi tentang dan pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya bukan nol.

ü  Menggali informasi tentang cara penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar

Menalar/Mengasosiasi

ü  Menganalisis berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari

ü  Menganalisis penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar

ü  Menganalisis hasil kali dan hasil bagi bentuk aljabar

ü  Menganalisis bagaimana menyederhanakan bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana

ü  Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk aljabar menggunakan contoh penyangkal

Mengomunikasikan

ü  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta penyederhanaan bentuk aljabar

ü  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ü  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ü  Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar

Pengetahuan:

Penugasan

ü  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi aljabar

ü  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar dalam keseharian

ü  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar

 

Keterampilan:

Portofolio

ü  Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Projek

ü  Melakukan permainan mengenai tanggal lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat

10 JP

Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar,  lingkungan, alat peraga yang berkaitan denga operasi aljabar

3.5

Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram

 

Fungsi

 

Mengamati

ü  Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi

ü  Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan

ü  Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari contoh yang diberikan

ü  Mencermati cara-caa penyajian fungsi yang biasa digunakan dalam matematika 

Menanya

ü  Menanya tentang manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari

ü  Menanya tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi.

Mengumpulkan informasi

ü  Menggali informasi tentang  contoh fungsi dan bukan fungsi

ü  Menggali informasi tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan

ü  Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan

ü  Menggali informasi tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

ü  Menggali informasi tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi

ü  Menggali informasi tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius

ü  Menggali informasi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi

Menalar/Mengasosiasi

ü  Menganalisis penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi

ü  Menganalisis persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi

ü  Menganalisis perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ü  Menganalisis unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi

Mengomunikasikan

ü  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian fungsi

ü  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ü  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ü  Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi

Pengetahuan

Penugasan

ü  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya

ü  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari

ü  Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi

Keterampilan:

Portofolio

ü  Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Projek

ü  Mencari informasi ke warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu

 

10 JP

ü Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi,  alat peraga, lingkungan

3.4

Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya

 

Persamaan Garis Lurus

Mengamati

ü  Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

ü  Mencermati cara menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya

ü  Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus

ü  Mencermati cara penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua titik

Menanya

ü  Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis lurus

ü  Menanya tentang syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan berupa garis lurus

ü  Menanya tentang persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu titik

ü  Menanya tentang cara menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua titik

ü  Menanya tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik

ü  Menanya tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat

ü  Menanya penyelesaian tentang kemiringan pada persamaan garis lurus

Mengumpulkan informasi

ü  Menggali menggali informasi tentang penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari

ü  Menggali informasi tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus yag tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang disajikan

ü  Menggali informasi tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke dalam grafik garis lurus

ü  Menggali informasi tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar

ü  Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus

ü  Menggali informasi gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk

ü  Menggali informasi untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik

ü  Menggali informasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

Menalar/Mengasosiasi

ü  Menganalisis permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis lurus

ü  Menganalisis penentuan titik potong dua garis

ü  Menganalisis pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan garis lurus yang berbeda-beda

ü  Menganalisis unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu titik maupun dua titik

Mengomunikasikan

ü  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik persamaan garis lurus,  kemiringan persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis lurus

ü  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ü  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ü Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan aris lurus

 

Pengetahuan:

Penugasan

ü Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

ü Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan garis

ü Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus

 

Keterampilan:

Portofolio

ü Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ü Membuat grafik persamaan garus lurus menggunakan komputer

 

15 JP

ü Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus,  alat peraga, lingkungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar