SILABUS
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 13 Maluku Tengah
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1-2 (Ganjil & Genap)
Jumlah Pertemuan : ……………
Standar Kompetensi :
KI-1 : Menghrgai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkakuan pergaulan dan
keberadaanya.
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin
tahunya tentangg ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena, dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranag abstrak (menulis,
membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari
disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
1.1 |
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1 |
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. |
|
|
|
|
|
2.2 |
Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. |
|||||
2.3 |
Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari. |
|||||
3.1 |
Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional |
Operasi Aljabar |
Mengamati ü Mencermati
bentuk aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan
penggunaan konsep ü Mencermati
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan ü Mencermati
cara pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun ü Mencermati
masalah mengenai pembagian bentuk aljabar ü Mencermati
cara menyederhanakan bentuk aljabar Menanya ü Menanya
tentang berbagai bentuk aljabar dari
masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah
sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa
sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh
digunakan hanya x dan y? ü Menanya
tentang proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta bentuk
aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan ü Menanya
tentang pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa
dikalikan ü Menanya
tentang pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk
aljabar sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi
dengan bentuk aljabar yang lain ü Menanya
tentang cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana
menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu
langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar Mengumpulkan informasi ü
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau
diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar ü
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu ü
Menggali informasi tentang klasifikasi
bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata ü
Menggali informasi tentang penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku
sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar ü
Menggali informasi tentang perkalian
dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat
komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar ü
Menggali informasi tentang dan
pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya
tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya
bukan nol. ü
Menggali informasi tentang cara
penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau
menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar Menalar/Mengasosiasi ü
Menganalisis berbagai bentuk aljabar
dari masalah sehari-hari ü
Menganalisis penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar ü
Menganalisis hasil kali dan hasil bagi
bentuk aljabar ü
Menganalisis bagaimana menyederhanakan
bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana ü
Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk
aljabar menggunakan contoh penyangkal Mengomunikasikan ü Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta
penyederhanaan bentuk aljabar ü Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ü Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ü Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai operasi aljabar Pengetahuan: Penugasan ü Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi
aljabar ü Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi
bentuk aljabar dalam keseharian ü Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar Keterampilan: Portofolio ü
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ü
Melakukan permainan mengenai tanggal
lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat |
10 JP |
Buku
teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan
operasi aljabar, lingkungan, alat
peraga yang berkaitan denga operasi aljabar |
3.5 |
Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk
relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram |
Fungsi |
Mengamati ü
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan fungsi ü
Mencermati beberapa relasi yang terjadi
diantara dua himpunan ü
Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari
contoh yang diberikan ü
Mencermati cara-caa penyajian fungsi
yang biasa digunakan dalam matematika Menanya ü Menanya
tentang manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari ü Menanya
tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan
penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi. Mengumpulkan informasi ü Menggali
informasi tentang contoh fungsi dan
bukan fungsi ü Menggali
informasi tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan ü Mengidentifikasi
perbedaan dan persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan ü Menggali
informasi tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk
fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui ü Menggali
informasi tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai
peubah dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi ü Menggali
informasi tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius ü Menggali
informasi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi Menalar/Mengasosiasi ü Menganalisis
penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi ü Menganalisis
persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi ü Menganalisis
perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari ü Menganalisis
unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi Mengomunikasikan ü Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri
dan bentuk penyajian fungsi ü Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ü Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ü Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi
dan fungsi Pengetahuan Penugasan ü Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi,
bentuk fungsi, dan penyajiannya ü Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi
dalam kehidupan sehari-hari ü Tes
tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi Keterampilan: Portofolio ü Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek
ü Mencari
informasi ke warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu |
10 JP |
ü Buku
teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan
fungsi, alat peraga, lingkungan |
3.4 |
Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya |
Persamaan Garis Lurus |
Mengamati ü Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus ü Mencermati
cara menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar
grafiknya ü Mencermati
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus ü Mencermati
cara penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua titik Menanya ü Menanya
tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis
lurus ü Menanya
tentang syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan berupa garis
lurus ü Menanya
tentang persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y
di satu titik ü Menanya
tentang cara menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua titik ü Menanya
tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik ü Menanya
tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat ü Menanya
penyelesaian tentang kemiringan pada persamaan garis lurus Mengumpulkan informasi ü Menggali
menggali informasi tentang penerapan persamaan garis lurus dalam masalah
sehari-hari ü Menggali
informasi tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus
yag tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang
disajikan ü Menggali
informasi tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus
dan menyajikannya ke dalam grafik garis lurus ü Menggali
informasi tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya
berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar ü Menggali
informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan
suatu persamaan garis lurus ü Menggali
informasi gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk ü Menggali
informasi untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik ü Menggali
informasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis
lurus Menalar/Mengasosiasi ü Menganalisis
permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis lurus ü Menganalisis
penentuan titik potong dua garis ü Menganalisis
pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan
garis lurus yang berbeda-beda ü Menganalisis
unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu
titik maupun dua titik Mengomunikasikan ü Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik
persamaan garis lurus, kemiringan
persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis lurus ü Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ü Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ü Mengamati
ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai persamaan aris lurus Pengetahuan: Penugasan ü Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan
garis lurus ü Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan
garis ü Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan garis
lurus Keterampilan: Portofolio ü Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek ü Membuat
grafik persamaan garus lurus menggunakan komputer |
15 JP |
ü Buku
teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan
persamaan garis lurus, alat peraga,
lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar